Home > Artikel > Peranan Bank Indonesia dalam Pengendalian Inflasi

Peranan Bank Indonesia dalam Pengendalian Inflasi

December 13th, 2008 humas Leave a comment Go to comments

//www.bi.go.id/biweb/Resources/images/logo_biBank Indonesia adalah institusi strategis dalam proses pembangunan di Indonesia. Bagaimanakah peranan Bank Indonesia dalam pengendalian inflasi? Tujuan BI adalah mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. Untuk mencapai tujuan tersebut BI mempunyai 3 tugas utama, yaitu:

  1. menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter,
  2. mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran, serta
  3. mengatur dan mengawasi bank.

Dalam rangka menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter tersebut, BI berwenang menetapkan sasaran-sasaran moneter dengan memperhatikan sasaran laju inflasi yang ditetapkan.

Perlu dikemukakan bahwa tugas pokok BI telah berubah, yaitu dari multiple objective (mendorong pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan kerja, dan memelihara kestabilan nilai rupiah) menjadi single objective (mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah).

Dengan demikian tingkat keberhasilan BI akan lebih mudah diukur dan dipertanggungjawabkan kepada masyarakat.

Download selengkapnya: Peranan Bank Indonesia dalam Pengendalian Inflasi pdf

Baca juga Kedudukan Bank Indonesia sebagai Lembaga Negara. Dijelaskan hubungan keuangan antara BI dengan Pemerintah, hubungan independensi dalam interdependensi antara BI dengan Pemerintah, serta hubungan BI dengan lembaga lain

Categories: Artikel Tags: , , ,
  1. abdiel amazihono
    February 16th, 2009 at 03:33 | #1

    selamat pagi pak.
    saya sudah membaca ttg peran BI dalam pengendalian inflasi. ternyata sangat susah untuk mengendalikan inflasi karena sangat dipengaruhi banyak faktor. apakah ada peran NIE dalam pengendalian inflasi?
    apakah karena asymetric information dapat menyebabkan inflasi?
    trimaksih.

  1. No trackbacks yet.