About

February 17th, 2011 Leave a comment Go to comments

Selamat datang di ICNIE.ORG

Wihana K. Jaya

Wihana K. Jaya

ICNIE adalah Indonesian Community for New Institutional Economics, komunitas peminat New Institutional Economics di Indonesia. Sedangkan situs icnie.org adalah wujud keberadaan ICNIE. Inisiatif pengembangan ICNIE ini dimulai sejak tahun 2000 sebagai salah satu wujud pengabdian pada masyarakat.

Situs ini kami arahkan sebagai media bersama berbagi visi, ide dan gagasan terkait New Institutional Economics, khususnya kasus-kasus yang terjadi di Indonesia. Diharapkan media bersama ini mampu memberikan kontribusi positif bagi peningkatan kapasitas SDM terkait teori, permasalahan dan kebijakan bidang ekonomika kelembagaan baru sehingga lebih mampu dalam percepatan pembangunan di Indonesia. Sebagai media bersama, kinerja substansi isinya sangat ditentukan oleh partisipasi aktif seluruh pihak peminat New Institutional Economics.

Karenanya, dengan hormat kami mengundang bapak, ibu dan saudara sekalian untuk ikut serta aktif berbagi visi, ide dan gagasan, sehingga secara bersama-sama kita dapat meningkatkan pemahaman kita tentang teori, permasalahan dan strategi dalam domain New Institutional Economics di Indonesia.

Kecuali disebut secara spesifik, substansi isi dapat berupa hal-hal teknis-praktis terkait masalah-masalah ekonomika kelembagaan yang disajikan secara populer dari kita, oleh kita dan untuk semua.

Kami sebagai fasilitator akan selalu berupaya untuk meningkatkan kedalaman dan keluasan cakupan, serta kualitas cara penyajian isi situs ini.

Selamat datang, selamat berdiskusi dan selamat menikmati.

Wihana Kirana Jaya
Peminat dan Pengamat EKB, FEB UGM

Kontak:
• wihana[at]paue.ugm.ac.id
• icnie.humas[at]gmail.com

Catatan:
Untuk kemudahan diskusi, komentar terbaru telah diatur supaya muncul pada posisi paling atas.

  1. yotinoya
    February 5th, 2009 at 12:37 | #1

    terima kasih Pak untuk websitenya !

    yang ingin saya tanyakan apakah hubungan pariwisata dengan ekonomi kelembagaan baru dan bagaimanakah penerapannya didaerah, mohon penjelasannya !

    dari Joty Artje Noya
    Angkatan 37

  2. Fattum Bahadjai
    February 5th, 2009 at 12:09 | #2

    Assalamualikum Wr.Wb

    saya senang dengan adanya website ini, karena memudahkan mahasiswa khususnya saya untuk berinteraksi dan mengetahui lebih jauh lagi tentang Ekonomi Kelembagaan.

    Pak, saya ingin tanyakan tentang makalah nanti apakah semua masalah harus ambil di daerah?, kalau secara umum bisa tidak pak.. soalnya saya sudah buat tentang PENGUATAN KELEMBAGAAN KOPERASI PETANI UNTUK REVITALISASI PERTANIAN. Apakah ada relevansinya dengan NIE ? Mohon sarannya Pak ! Terima Kasih atas perhatian bapak.

    Dari.
    Fattum Bahadjai. Angk 37
    MEP UGM Yogyakarta

  3. jaya wardana
    February 5th, 2009 at 09:23 | #3

    saya membaca hasil survei pengukuran korupsi yang dilaksanakan Transparency International (TI) Indonesia yang dilakukan pada September sampai dengan Desember 2008 yang bertujuan untuk mengukur tingkat korupsi pemerintah daerah berdasarkan persepsi pelaku bisnis setempat.

    Hal yang sangat meprihatinkan menurut saya adalah bahwa sampai saat ini menurut survei tsb, pelaku bisnis melihat bahwa korupsi masih sangat lazim terjadi di jajaran pemerintah daerah, dan pemda juga tidak serius dalam usaha mereka memberantas korupsi.

    Skor terendah dicapai Kupang, karena pada tahun-tahun sebelumnya di kota ini banyak terjadi kasus korupsi yang melibatkan pejabat dan anggota DPRD setempat.

    Secara umum, dapat dlihat bahwa sebagian besar kota di Indonesia pemerintah daerahnya dipersepsikan korup, melihat bahwa hanya Yogyakarta dan Palangkaraya kota yang mendapatkan skor diatas 6.

    Namun skor IPK Indonesia memang masih lebih baik dibanding Corruption Perception Index (Indeks Persepsi Korupsi) untuk Indonesia, yang pada tahun 2008 skornya adalah 2,6.

    Apabila kita hubungkan dengan teori-teori didalam NIE khususnya mengenai hubungan segi dua, segi tiga, dan segi empat (materi kuliah kita hari rabu 4 peb 2009) yang memungkinkan terjadinya korupsi tersebut menurut saya masih sangat sulit untuk di putuskan mata rantai hubungannya.

    pertanyaan saya adakah jalan keluar yang mungkin dapat diberikan NIE untuk memutuskan hubungan mata rantai dari lingkaran setan, atau malah dapat merubah lingkaran setan tersebut menjadi lingkaran sorga.

  4. nenen suryati
    February 5th, 2009 at 08:30 | #4

    pak saya mau tanya mengenai anggaran berbasis kinerja, bagaimana hubungannya dengan ekonomi kelembagaan,apa ada peran ekonomi kelembagaan dalam penyusunan anggaran berbasis kinerja?

  5. Robby Novaldi
    February 4th, 2009 at 00:13 | #5

    Yth. Bapak Wihana Kirana Jaya,
    Saya membaca salah satu tulisan Bapak “Institutions matter in regional autonomy transition”, dimana salah satu kesimpulannya adalah : membangun institusi yang dapat diandalkan untuk mendukung sistem otonomi daerah di Indonesia adalah langkah paling penting untuk keberhasilan pembangunan ekonomi daerah.
    Yang ingin saya tanyakan adalah : penerapan prinsip-prinsip good governance yang menjadi salah satu isu penting dalam pelaksanaan otonomi daerah, apakah telah mampu membentuk institusi yang handal secara umum dan menciptakan full information serta transaction cost menjadi zero khususnya?
    Terima kasih.

    Robby Novaldi
    MEP-UGM ‘37

  6. abdiel
    January 14th, 2009 at 12:10 | #6

    selamat siang pak. sy ingin menanyakan apa hubungan kemiskinan dengan ekonomi kelembagaan baru?
    apakah dengan mempelajari ekonomi kelembagaan baru bisa memecahkan maslah kemiskinan?
    makasih .

    Abdiel S. Amazihono
    Trimester II
    MEP-UGM Angk.37

  7. Robby Novaldi
    January 12th, 2009 at 21:16 | #7

    website yang sangat penting sebagai referensi dalam proses pembelajaran khususnya ekonomika kelembagaan.

    Robby N
    MEP-UGM `37

  8. Mad Alfin A.M
    January 8th, 2009 at 09:35 | #8

    website ini sangat berguna bagi saya untuk lebih memahami tentang ekonomi kelembagaan yang pada dasarnya saya baru mengenal dan mempelajari mata kuliah tersebut.
    terima kasih dan semoga terus maju…

    pengirim :
    mad alfin a.mohamad
    MEP(angkatan 37, Trimester 2)

  9. Indra Gunawan
    January 7th, 2009 at 18:38 | #9

    Terimakasih, untuk alamat situs ini, semoga dapat terus berkembang. Salam Ekonomika.

    Regards,
    Indra G
    MEP-UGM 37

  10. abdiel amazihono
    January 6th, 2009 at 21:06 | #10

    pertama-tama saya sangat senang bisa menegetahui website ini dari bapak. saya mahasiswa MEP angkatan 37(trimester 2).mudah-mudahan dengan adanya website ini, dapat bermanfaat bagi kami kelak di daerah masing-masing setelah menyelesaikan pendidikan S2 khususnya mengenai manfaat ekonomi kelembagaan dalam memecahkan dan mengatasi permasalahan yang ada di daerah masing-masing. Trimakasih

Comment pages
1 2 3 ... 10 2
  1. No trackbacks yet.