About

February 17th, 2011 Leave a comment Go to comments

Selamat datang di ICNIE.ORG

Wihana K. Jaya

Wihana K. Jaya

ICNIE adalah Indonesian Community for New Institutional Economics, komunitas peminat New Institutional Economics di Indonesia. Sedangkan situs icnie.org adalah wujud keberadaan ICNIE. Inisiatif pengembangan ICNIE ini dimulai sejak tahun 2000 sebagai salah satu wujud pengabdian pada masyarakat.

Situs ini kami arahkan sebagai media bersama berbagi visi, ide dan gagasan terkait New Institutional Economics, khususnya kasus-kasus yang terjadi di Indonesia. Diharapkan media bersama ini mampu memberikan kontribusi positif bagi peningkatan kapasitas SDM terkait teori, permasalahan dan kebijakan bidang ekonomika kelembagaan baru sehingga lebih mampu dalam percepatan pembangunan di Indonesia. Sebagai media bersama, kinerja substansi isinya sangat ditentukan oleh partisipasi aktif seluruh pihak peminat New Institutional Economics.

Karenanya, dengan hormat kami mengundang bapak, ibu dan saudara sekalian untuk ikut serta aktif berbagi visi, ide dan gagasan, sehingga secara bersama-sama kita dapat meningkatkan pemahaman kita tentang teori, permasalahan dan strategi dalam domain New Institutional Economics di Indonesia.

Kecuali disebut secara spesifik, substansi isi dapat berupa hal-hal teknis-praktis terkait masalah-masalah ekonomika kelembagaan yang disajikan secara populer dari kita, oleh kita dan untuk semua.

Kami sebagai fasilitator akan selalu berupaya untuk meningkatkan kedalaman dan keluasan cakupan, serta kualitas cara penyajian isi situs ini.

Selamat datang, selamat berdiskusi dan selamat menikmati.

Wihana Kirana Jaya
Peminat dan Pengamat EKB, FEB UGM

Kontak:
• wihana[at]paue.ugm.ac.id
• icnie.humas[at]gmail.com

Catatan:
Untuk kemudahan diskusi, komentar terbaru telah diatur supaya muncul pada posisi paling atas.

  1. March 7th, 2011 at 12:26 | #1

    @ Pak Andi
    Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya. Jawaban kami selaku humas, adalah sbb:

    1. Akan sangat baik bila materi terkait ttg NIE semakin banyak tersedia di internet. Karena akan memudahkan: pencarian sumber2 referensi dan sumber ttg masalah-masalah kelembagaan riil yang relevan.

    2. Apakah NIE juga negara-negara yang sistem pemerintahannya tidak biasa, seperti Korea Utara dan Burma (Myanmar)?

    Pada negara2 yg sistem pemerintahannya tidak biasa, tetap ada interaksi ekonomi dan sosial, baik untuk memenuhi kepentingan sendiri maupun kepentingan bersama.

    Selain itu, pada negara2 yg sistem pemerintahannya tidak biasa tersebut juga ada masalah kesenjangan informasi dan pembagian tugas.

    Paling tidak, kondisi-kondisi nyata tersebut, secara bersama-sama, merupakan alasan umum bagi relevansi NIE di negara2 tersebut.

  2. Andi Makkuraga Hidayat
    March 7th, 2011 at 10:58 | #2

    Ijin komentar pak.
    untuk mempelajari New Institutional Economics sudah banyak sekali laman di internet yang membahas mengenai ini, bahkan google dapat mencari Sekitar 15,400,000 hasil dalam waktu 0.34 detik, yang berarti mata kuliah Ekonomi Kelembagaan adalah mata kuliah yang sangat berkembang.
    Ijin bertanya juga.
    Apakah New Institutional Economics valid atau dipakai pada negara-negara yang sistem pemerintahannya tidak biasa, seperti Korea Utara dan Burma (Myanmar)?

  3. February 17th, 2011 at 11:33 | #3

    Oke pak. Terima kasih. Mantab. Sekalian juga, statusnya akan kami ganti. Biar lebih benar dng faktanya ya. Sip

  4. wihana
    February 17th, 2011 at 09:15 | #4

    Rusman tolong dibacku up Pemekaran Haltim ya….eh itu namauku bukan direktur PSEKP lagi pakai GB pengamat EKB, FEB UGM saja ya…thanks

  5. December 24th, 2010 at 10:30 | #5

    Selamat atas Pengukuhannya. Semoga semakin lancar semuanya. Amin

  6. abdiel amazihono
    December 23rd, 2010 at 18:30 | #6

    Selamat ya pak, atas pengukuhan sebagai Guru Besar di UGM

  7. Damianus Tola
    September 3rd, 2010 at 15:16 | #7

    selamat hari raya lebaran, pak, minalazin wallfaizin. mohon maaf lahir dan batin.

  8. Damianus Tola
    August 24th, 2010 at 12:55 | #8

    pak tugas sudah di kumpul.

  9. August 10th, 2010 at 09:22 | #9

    Weh … sepertinya ini bahan yang susah didapat. Tapi sepertinya bahan2 yang di cari Pak Hendra seringkali dibahas di Fakultas ISIPOL jurusan Administrasi Negara.

    Coba dicari buku2 bahan kuliah Administrasi Negara seputar konsep Analisis Kebijakan Publik atau Evaluasi Kebijakan Publik.

    Didalam buku itu biasanya dibahas beragam pendekatan tentang PERENCANAAN kebijakan publik.

  10. hendra tris tomy
    July 9th, 2010 at 10:58 | #10

    ada yang tau gak artikel yang berkaitan dengan perencanaan yang berkaitan dengan nie sebagai referensi

Comment pages
1 ... 6 7 8 9 10 2
  1. No trackbacks yet.