About

February 17th, 2011 Leave a comment Go to comments

Selamat datang di ICNIE.ORG

Wihana K. Jaya

Wihana K. Jaya

ICNIE adalah Indonesian Community for New Institutional Economics, komunitas peminat New Institutional Economics di Indonesia. Sedangkan situs icnie.org adalah wujud keberadaan ICNIE. Inisiatif pengembangan ICNIE ini dimulai sejak tahun 2000 sebagai salah satu wujud pengabdian pada masyarakat.

Situs ini kami arahkan sebagai media bersama berbagi visi, ide dan gagasan terkait New Institutional Economics, khususnya kasus-kasus yang terjadi di Indonesia. Diharapkan media bersama ini mampu memberikan kontribusi positif bagi peningkatan kapasitas SDM terkait teori, permasalahan dan kebijakan bidang ekonomika kelembagaan baru sehingga lebih mampu dalam percepatan pembangunan di Indonesia. Sebagai media bersama, kinerja substansi isinya sangat ditentukan oleh partisipasi aktif seluruh pihak peminat New Institutional Economics.

Karenanya, dengan hormat kami mengundang bapak, ibu dan saudara sekalian untuk ikut serta aktif berbagi visi, ide dan gagasan, sehingga secara bersama-sama kita dapat meningkatkan pemahaman kita tentang teori, permasalahan dan strategi dalam domain New Institutional Economics di Indonesia.

Kecuali disebut secara spesifik, substansi isi dapat berupa hal-hal teknis-praktis terkait masalah-masalah ekonomika kelembagaan yang disajikan secara populer dari kita, oleh kita dan untuk semua.

Kami sebagai fasilitator akan selalu berupaya untuk meningkatkan kedalaman dan keluasan cakupan, serta kualitas cara penyajian isi situs ini.

Selamat datang, selamat berdiskusi dan selamat menikmati.

Wihana Kirana Jaya
Peminat dan Pengamat EKB, FEB UGM

Kontak:
• wihana[at]paue.ugm.ac.id
• icnie.humas[at]gmail.com

Catatan:
Untuk kemudahan diskusi, komentar terbaru telah diatur supaya muncul pada posisi paling atas.

  1. alwin antogia
    January 30th, 2012 at 15:22 | #1

    aslmkum wr wb,, sy ingin byk share sm bpk ttg birokrasi ,, dan birokrasi dan birokrasi

  2. January 12th, 2012 at 19:57 | #2

    @ All
    Terima kasih atas kunjungannya. Mudah2an setelahnya dpt memberikan kritikan dan masukan yg semakin konstruktif. ; -)

  3. Demas Paulus Mandacan
    January 9th, 2012 at 21:45 | #3

    Yth. Prof. Wihana, saya mahasiswa Magister Ekonomika Pembangunan Trimester III, sekarang saya mengambil matakuliah Ekonomika Kelembagaan.

  4. Sirajudin Lasena
    January 9th, 2012 at 11:46 | #4

    Assalamu’alaikum.
    Prof Wihana. perkenalkan nama saya Sirajudin Lasena. mahasiswa MEP trimester II sekarang mengambil mata kulia ekonomi kelembagaan.
    terima kasih.
    Wassalam.

  5. Ahmad Kamil
    January 9th, 2012 at 11:15 | #5

    Assalamu’alaikum, WR…WB….
    Prof. Wihana. salam kenal Prof
    saya mahasiswa Prof Wihana, Magister Ekonomika Pembangunan trimester II
    sekarang mengambil mata kulia ekonomi kelembagaan, yang diampuh prof wihana.
    terima kasih….
    Wassalam.

  6. Lina
    November 5th, 2011 at 08:30 | #6

    Pak, saya ingin bertanya, bagaimana pengaruh PPn dan PPh yang dibebankan pemerintah terhadap kurva makanisme pasar?

  7. October 8th, 2011 at 09:53 | #7

    @Monica

    Bisa ya, bisa tidak. Perlu bukti-bukti lebih lanjut. Mudah2an kami dapat mengumpulkan materi2 yg terkait sehingga dasar empiris dari kesimpulannya bisa lebih kuat.

  8. October 5th, 2011 at 00:28 | #8

    Saya ingin bertanya tentang program End Poverty 2015. Menurut saya, program ini hanyalah “bunga-bungaan” saja dari organisasi internasional. Kecenderungannya selama ini, jarang atau bahkan tidak ada sama sekali yang memperhatikan orang-orang yang miskin dan terbuang karena ketidakadilan struktural. Negara kapitalis menjadi tuan bagi negara-negara miskin dan menguasai hampir seluruh aspek kehidupan negara berkembang–Contoh dekatnya saja Indonesia yang wabah hedonisme dan kebarat-baratannya sudah parah. Lalu, jika diasumsikan bahwa sistem semacam ini telah dikembangkan, apakah jalannya perekonomian akan dapat mengakomodasi kepentingan orang-orang kecil? Terima Kasih.

  9. April 18th, 2011 at 16:46 | #9

    @ Ana

    Jawaban pertanyaannya dapat ditelusuri dengan menggunakan fasilitas pencarian. Silahkan mengetikkan kata kunci, seperti “korupsi” pada form search untuk mencarinya.

    Terima kasih

  10. April 8th, 2011 at 17:36 | #10

    Tolong bantu saya menjawab. apa penyebabnya seseorang itu melakukan pencucian uang (Money Laundring) dan korupsi. dan biasanya korupsi itu merupakan tradisi. kalau dalam ilmu kelembagaan yang baru orang menggunakan abuse of power. terima kasih.

Comment pages
  1. No trackbacks yet.